Jelajah
IMG-LOGO

Musrenbangdes 2023 Desa Dukun: Masyarakat Bersama Pemerintah dan Pemangku Kepentingan Bahas Rencana Pembangunan

Create By 27 November 2023 145 Views
Desa Dukun, 08 Agustus 2023 - Desa Dukun sukses menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2023. Acara yang diadakan di Aula Kantor Pemdes Dukun (08/08) ini berhasil mengumpulkan lebih dari 50 peserta, yang terdiri dari warga masyarakat, Camat Dukun, Pendamping Desa, mahasiswa KKN UGM dan UII dan pemangku kepentingan lainnya. Tujuan utama acara ini adalah untuk bersama-sama merumuskan rencana pembangunan desa yang lebih baik untuk tahun 2024.
 
Musrenbangdes merupakan wadah partisipatif bagi masyarakat Desa Dukun untuk menyampaikan pandangan, aspirasi, serta prioritas pembangunan yang mereka harapkan. Acara tahun ini menunjukkan tingginya animo masyarakat dalam ikut serta membentuk masa depan desa dukun.
Dalam acara ini, berbagai topik pembangunan dibahas dengan cermat, termasuk di antaranya infrastruktur, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan perekonomian lokal. Para peserta Musrenbangdes menyampaikan usulan-usulan, saran, dan ide-ide yang berpotensi memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan dan kemajuan bagi Desa Dukun.
 
Beberapa momen penting yang terjadi selama acara Musrenbangdes 2023 antara lain:
1. Partisipasi Kolaboratif: Warga desa, pejabat pemerintah, dan pemimpin lokal bergandengan tangan untuk merumuskan dan mengutamakan prioritas-prioritas pembangunan, menunjukkan semangat kepemilikan dan tanggung jawab bersama.
2. Keanekaragaman Perspektif: Peserta acara memberikan pandangan yang beragam, memperkaya diskusi dan memastikan bahwa rencana-rencana pembangunan memperhatikan kepentingan semua lapisan masyarakat.
3. Keputusan Inklusif: Musrenbangdes memastikan bahwa setiap peserta memiliki peluang yang sama untuk berkontribusi, mendorong inklusivitas dan transparansi dalam proses pengambilan keputusan.
4. Usulan Inovatif: Peserta menyajikan usulan-usulan inovatif tentang Pembangunan yang berkelanjutan.
5. Kommitmen Aksi: Acara ditutup dengan komitmen dari semua pihak untuk melaksanakan rencana-rencana pembangunan dengan efektif, membawa Desa Dukun menuju masa depan yang BERES (Bermartabat, Religius, Sehat dan Sejahtera).
 
Tanto Heryanto, Kepala Desa Dukun, menyatakan rasa terima kasih kepada semua peserta dan menggarisbawahi komitmen desa dalam mewujudkan rencana-rencana tersebut.
 
"Musrenbangdes 2023 mencerminkan semangat bersama kami dalam membawa Desa Dukun menuju pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan. Kami berterima kasih atas keterlibatan aktif warga kami, perwakilan pemerintah, dan mitra dalam perjalanan ini." Pungkasnya.
 
Keberhasilan acara Musrenbangdes 2023 memperlihatkan tekad Desa Dukun untuk melakukan perencanaan pembangunan partisipatif, sekaligus menjadi platform pemberdayaan masyarakat dalam menentukan arah Pembangunan.